ALASAN MENGAPA QATAR MENJADI NEGARA TERKAYA DI DUNIA


Bagi kalian yang belum tahu negara ini, Qatar hanyalah sebuah negara kecil berbentuk semenanjung di timur tengah, berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan teluk Persia di sebelah utara. Atau lebih gampangnya, luas negara ini hampir samalah dengan Provinsi Banten. Satu kata yang bisa menggambarkan Qatar adalah “Tajir”. Yup, negara ini memang benar-benar luar biasa kaya nya.
Kini Qatar tengah berusaha untuk membangun segala infrasturktur guna menyejajarkan diri dengan negara kaya lainnya di Jazirah Arab seperti Uni emirat Arab, Kuwait dan Saudi Arabia. Setelah dinyatakan oleh FIFA sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2022 ( World Cup 2022 ), Qatar kian gencar dalam pembangunan di berbagai sektor terutama ekonomi dan pariwisata. Sebenarnya geliat pembangunan sudah lama dirasakan ketika Qatar menjadi tuan rumah Asian Games pada 2006. Sebelum itu pula Qatar telah mengklaim sebagai negara terbuka (open country) terhadap hal-hal yang berbau budaya barat meskipun masih ada pembatasan terhadap beberapa hal yang oleh agama Islam dilarang seperti alkohol, karena Qatar adalah negara yang berbasis syariah Islam dengan mayoritas penduduk beragama Islam.
Untuk memahami negara ini lebih dalam beserta dengan polemik yang bakal kita bahas disini, mari ikuti pictstory yang sudah saya buat sedemikian rupa agar mudah kalian pahami. I hope you read and can tell me what you think about!
Alasan :1. Qatar, yup Negara yang merdeka dari Inggris pada tahun 1971 ini terbilang masing sangat muda.
Alasan :2. Bahasa nasional mereka tak lain adalah bahasa Arab tetapi ada juga bahasa yang digunakan para pendatang, seperti bahasa Inggris, Urdu, Perancis, Malayalam dan Tagalog.

 Alasan :3. Kurang dari satu abad lalu Qatar hanyalah negara yang miskin, hal ini disebabkan karena sebagian besar wilayah Qatar hanya terdiri dari gurun yang tandus.

Jawaban : Selama berabad-abad penduduk Qatar hanya bergantung pada gembala unta dan ternak lain, serta mencari ikan dan kerang mutiara di Teluk Persia.

Alasan :4. Hingga pada tahun 1939, ditemukanlah cadangan minyak yang berlimpah ruah di bawah tanah Qatar sehingga dapat merubah drastis posisinya di kancah internasional.

Jawaban : Dari yang sebelumnya Qatar hanya berpredikat sebagai negara miskin, kini mereka telah diakui menjadi salah satu Negara Terkaya di dunia.

Alasan :5. Lihatlah sekarang. Qatar tengah menjelma menjadi negara yang terlampau makmur dengan pemasukan rata-rata masyarakatnya mencapai US$100.000 atau Rp1 miliar per tahun.
Jawaban : Qatar mungkin hanya negara kecil yang berpenduduk sekitar 2,1 juta orang. Luas negaranya juga tidak seberapa, cuma 11,5 ribu kilometer saja. Tapi, entah kenapa penduduk di negara tetangga Arab Saudi ini begitu makmur luar biasa.
Alasan :6. Sebagai negara paling makmur di dunia, menurut publikasi yang dirilis baru-baru ini, Qatar mendapatkan berkah lonjakan pendapatan negara tersebut akibat dorongan yang cukup signifikan dari peningkatan sektor produksi dan ekspor gas alam cair (LNG).
Alasan :7. Kandungan gas dan minyak bumi Qatar sangatlah banyak, bahkan termasuk yang terbesar di dunia.
Jawaban : Mereka bisa memproduksi 77 juta ton gas alam pertahun dan mengekspornya ke negara-negara lain.
Alasan :8. Yang menarik adalah, Qatar merupakan satu-satunya wakil dari wilayah Arab yang berada di jajaran 10 negara terkaya dunia.
Jawaban : Di jajaran negara Arab, Qatar menempati ranking pertama. Posisi kedua di negara Arab, ditempati Kuwait dengan pendapatan per kapita US$38.984 atau cuma separoh dibandingkan dengan pendapatan per kapita Qatar.
Alasan :9. Qatar bukan hanya dikenal sebagai negara terkaya dan produsen gas terbesar dunia. Tetapi, negara ini juga merupakan negara yang paling kompetitif di kawasan Timur Tengah.
Jawaban : Menurut data World Economic Forum 2010-2011, Qatar berada di posisi 17 sebagai negara paling kompetitif di dunia dan nomor satu di kawasan Timur Tengah.
Alasan :10. Qatar merupakan negara dengan lingkungan makroekonomi yang stabil, pasar yang efisien, serta birokrasi dan kelembagaan yang berkualitas.
Jawaban : Ditambah lagi dengan pemerintah yang menerapkan kebijakan efisien dan tingkat korupsi yang sangat rendah, membuat Qatar menjadi salah satu negara yang paling ideal di muka bumi.
Alasan :11. Gambaran dari kemakmuran Qatar dan rakyatnya bisa kita lihat terutama di ibukota negara mereka yaitu Doha.
Jawaban : Geliat pembangunan ekonomi sangat terlihat dengan dibangunnya gedung-gedung menjulang tinggi (skycrapers), mall-mall besar (sebagai salah satu ciri gaya hidup kota modern), hotel-hotel bertaraf internasional seperti Intercontinental, Hyatt, Hilton, Sheraton, W dan sebagainya.
Alasan :12. Tak heran jika penduduk lokal nya, atau biasa disebut “Qatari” memiliki kekayaan yang sangat-sangat besar.
Jawaban : Seakan uang tidak ada harganya bagi mereka, mobil mewah jenis apapun dapat kita temui disini dan tidak menjadi hal yang aneh ketika kita melihatnya di jalan.

Alasan :13. Hal yang menarik lain tentang Qatar adalah tidak dikenakannya pajak pada penghasilan (PPh) atau pajak pada barang-barang/consumer goods.
Jawaban : Tidak dikenakannya pajak diterapkan terutama pada barang yang dikategorikan sebagai barang mewah (PPnBM). Sehingga bagi kalian yang suka berbelanja barang-barang bermerk tentu harga yang didapat akan jauh lebih murah daripada harga pada barang yang sama seperti di Indonesia.
Alasan :14. Minyak dan gas seakan menjadikan Qatar sebagai negara terkaya dunia, tetapi apakah harta tanpa batas tersebut menciptakan kebahagiaan di negara Timur Tengah ini?
Alasan :15. Kenyataanya uang minyak dan gas ini malah menyebabkan perubahan yang terlampau cepat di lingkungan masyarakatnya.
Jawaban : Tekanan dapat dirasakan mengingat hampir di semua bagian kota terdapat proyek pembangunan, baik bangunan baru maupun perbaikan gedung lama.
Alasan :16. Dikutip dari BBC.com "Kehidupan sosial dan ekonomi Qatar telah berubah - hubungan keluarga merenggang, budaya konsumtif merajalela."
Alasan :17. Perubahan yang terlalu cepat disana, membuat lalu lintas di Qatar memadat dengan begitu cepat, jam kerja pun semakin panjang sehingga menimbulkan stres dan ketidaksabaran masyarakat Qatar.
Alasan :18. Media setempat juga melaporkan bahwa 40% dari pernikahan di Qatar berakhir dengan perceraian.
Alasan :19. Lebih dari dua pertiga warga negaranya, dewasa maupun anak-anak, mengalami kelebihan berat badan.
Alasan :20. Mungkin, memang benar jika orang Qatar diuntungkan dengan adanya pendidikan dan kesehatan gratis, jaminan pekerjaan, pinjaman perumahan, air dan listrik gratis.
Jawaban : Tetapi berbagai hal ini justru malah menciptakan masalah baru.
Alasan :21. Seorang akademisi mengatakan seseorang yang baru saja lulus sekolah akan menerima 20 tawaran pekerjaan.
Jawaban : Di Qatar, cari kerja sangatlah mudah. Apalagi bagi orang-orang asli sana. Saking mudahnya, ibaratnya kita seperti ambil air dengan gayung di bak mandi penuh air. Begitu ada mahasiswa lulus di sana, maka biasanya bukan mereka yang cari, tapi justru perusahaan yang mendatangi.
Alasan :22. Hal ini membuat orang tertekan karena harus mengambil keputusan yang tepat.
Alasan :23. Nilai-nilai masyarakatpun berubah begitu cepat sehingga masyarakat seakan sulit untuk menemui kepastian di Qatar.
Alasan :24. Terlepas dari itu semua, Ironis memang jika kita bandingkan dengan negara kita Indonesia yang notabene memiliki kekayaan alam yang jauh lebih besar daripada Qatar.
Alasan :25. Kita bandingkan dengan Indonesia, negara ini luasnya 1,9 juta km serta punya kekayaan yang kalau kata gamer ‘unlimited source’, tapi lihat angka kemiskinan serta realita kehidupan masyarakatnya.
Alasan :26. Entah siapa yang salah, apakah kita yang memiliki banyak penduduk atau pemerintahan kita yang dinilai terlalu korup.

Jawaban : Ane jadi teringat, ketika belajar ilmu politik, salah satu ilmuwan di bidang politik mengatakan "Power tends to corrupt but absolute power corrupt absolutely" yang artinya kurang lebih kekuasaan cenderung untuk melakukan tindakan korupsi tapi kekuasaan yang tak terbatas dipastikan akan melakukan korupsi.
Alasan :27. Mengapa ane mengambil kutipan itu, karena jika kita bandingkan dengan apa yang terjadi di Qatar, bahwasannya Qatar adalah negara monarki absolut, dimana raja adalah kepala negara dan kepala pemerintahan.
Alasan :28. Tapi yang terjadi adalah raja (Sultan Qatar) sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.
Jawaban : Contohnya adalah diberikannya pendidikan gratis untuk penduduk asli Qatar serta gaji yang cukup besar yang diberikan kepada penduduk asli Qatar yang mau bekerja.

Alasan :29. Bagaimana bisa rakyat Qatar tidak mencintai raja dan negaranya yang telah memberikan kemakmuran terhadap mereka?
Alasan :30. Hal ini dibuktikan pada National Day of Qatar yang jatuh pada tanggal 18 Desember.
Jawaban : Dimana rakyat Qatar menyambut dengan penuh suka cita sehari penuh dengan diadakannya pawai, parade hingga puncaknya adalah pesta kembang api (fireworks) spektakuler selama kurang lebih sepuluh menit di Corniche (salah satu tempat di pinggir pantai kota Doha).
Alasan :31. Kita juga dapat melihat seluruh rakyat Qatar yang bangga akan identitas negaranya.
Jawaban : Menghiasi kendaraan pribadi mereka dengan bendera nasional dan gambar raja beserta putera mahkota Qatar adalah contohnya.
Alasan :32. Wajar melihat betapa rakyat Qatar sangat mencintai raja dan negaranya yang telah memberikan kemakmuran pada mereka.
Alasan :33. Mengapa hal itu tidak bisa terjadi pada negara kita yang justru jauh lebih kaya dari Qatar?
Alasan :34. Oh iya, mungkin saya melupakan satu fakta bahwa puluhan tahun emas kita yang tergerus di sana, hanya satu persennya saja yang masuk kantong negara. Sungguh kinerja pemerintahan yang luar biasa.
Jawaban : "48 tahun mereka mengeruk kekayaan alam kita, cuma satu persen yang kita dapatkan hasilnya, kerusakan lingkungan juga berdampak bagi kita," ujar Masinton Pasaribu
Alasan :35. Ironis memang, tapi itulah yang terjadi di Qatar bagaimana negara dapat mengelola kekayaan alamnya dengan baik sehingga dapat menyejahterakan rakyatnya sendiri dengan baik pula.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==