PERBEDAAN METODE HISAB DAN RUKYAH

Apa perbedaan metode hisab hakiki wujudul hilal dan metode hisab hakiki wujudul hilal? perbedaannya cara melihat dan derajatnya sobat. Siapakah yang menggunakan 2 metode ini sobat ? Metode hisab hakiki wujudul hilal dan metode hisab hakiki wujudul hilal banyak digunakan oleh ormas-ormas islam di Indonesia. Namun metode hisab hakiki wujudul hilal dan metode hisab hakiki wujudul hilal yang jadi banyak perdebatan penggunaannya yaitu digunakan Oleh Muhammadiyah dan NU. Hahaha gak kenapa pada ributin metode ini, karena pada dasarnya sama cuma perbedaannya itu tadi sobat derajat dan cara melihatnya.
 

Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.
Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Rukyat dilakukan setelah Matahari terbenam. Hilal hanya tampak setelah Matahari terbenam (maghrib), karena intensitas cahaya hilal sangat redup dibanding dengan cahaya Matahari, serta ukurannya sangat tipis. Apabila hilal terlihat, maka pada petang (maghrib) waktu setempat telah memasuki bulan (kalender) baru Hijriyah. Apabila hilal tidak terlihat maka awal bulan ditetapkan mulai maghrib hari berikutnya.

Perlu diketahui bahwa dalam kalender Hijriyah, sebuah hari diawali sejak terbenamnya matahari waktu setempat, bukan saat tengah malam. Sementara penentuan awal bulan (kalender) tergantung pada penampakan (visibilitas) bulan. Karena itu, satu bulan kalender Hijriyah dapat berumur 29 atau 30 hari.


Oke yang pasti jika tidak sama Tanggal Lebaran / Hari Raya Idul Fitri [2017] [2018] [2019] [2020] jangan ribut apalagi cerai ya! Enakan juga nikah daripada cerai. Jika sampai ribut-ribut tentu banyak ruginya selain capek juga stabilitas negara dan ekonomi akan kacau. Bisnis-bisnis seperti finance, asuransi, wisata, tempat wisata, hotel, tiket kereta api, tiket pesawat dan bisnis lainya akan sepi.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==