CONTOH SOAL PANCASILA DAN KEWARGA NEGARAAN PERGURUAN TINGGI

Jawablah pertanyaan  di ibawah ini dengan tepat!
1.      Coba anda analisis dengan cermat tentang penistaan agama yang dilakukan BCP (Ahok) terhadap umat Islam, dengan mengacu pada :
a.       Pancasila Sila I, Ketuhanan Yang Maha ESa
b.      Pasal 29, ayat 1 dan 2
c.       TRI Kerukunan umat beragama
2.      Pennagkapan terhadap tokok dan aktivis yang dilakukan POLRI dengan tuduhan “MAKAR” merupakan tuduhan yang sangat serius bagi NKRI ;
a.         Jelaskan apa yang disebut MAKAR?
b.         Bagaimana pendapat anda tentang isu MAKAR yang kemudian disertai penangkapan terhadap 10 orang tokoh dan aktivis di era reformasi demokrasi.
3.      Pancasila merupakan suatu kajian yang bersifat ilmiah, sehingga harus memenuhi syarat-syarat ilmiah, sebutkan dan jelaskan !
4.      Prof. Meriam budiardjo mengatakan sifat hakikat negara sangat erat dengan dasar-dasar terbentuknya negara, Sebutkan dan jelaskan sifat hakikat negara!
5.      Asal mula terjadinya negara, dapat dilihat berdasarkan proses pertumbuhan primer dan sekunder, Jelaskan teori terjadinya negara secara primer dan sekunder!
6.      Asas dalam menentukan kewarganegaraan dibedakan antara lus soliu dan lus sanguinis, jelaskan kedua asas tersebut!
7.      Perbedaan dalam menentukan kewarganegaraan dapat menimbulkan APATRIDE DAN BIPATRIDE, coba anda uraikan bagaiman seorang warga negara bisa medapatkan kedua asas tersebut.
8.      TRIAS POLITICA dipergunakan dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, sehingga kita mengenal istilah pembagian dan pemisahan kekuasaan. Jelaskan perbedaan kedua istilah tersebut.
9.      Otonomi daerah yang diberlakukan oleh pemerintah memberikan kewenangan yang besar kepada daerah untuk mengelola kekayaan alamnya. Menurut pendapat anda sejauh manakah kemampuan daerah mengelola SDA.
10.  Pemilu merupakan salah satu alat ukur bagi pelaksanaan demokrasi, menurut pengamatan anda sejauh mana pelaksanaan pemilu di Indonesia.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==