Contoh Soal Manajemen Perspektif Islam Perguruan Tinggi



PILIHLAH JAWABAN BERIKUT YANG PALING BENAR !.
1.        Anjuran prinsip pengelolaan manajemen dalam al-Qur’an, terdapat pada ayat berikut ini
a.       إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِهِ صَفّاً كَأَنَّهُم بُنيَانٌ مَّرْصُوصٌ ﴿٤﴾
b.      وَلِلَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ ﴿١٨﴾
c.       قَالَ فَإِنَّهَا مُحَرَّمَةٌ عَلَيْهِمْ أَرْبَعِينَ سَنَةً يَتِيهُونَ فِي الأَرْضِ فَلاَ تَأْسَ عَلَى الْقَوْمِ الْفَاسِقِينَ ﴿٢٦﴾
d.      وَمِن قَبْلِهِ كِتَابُ مُوسَى إِمَاماً وَرَحْمَةً وَهَذَا كِتَابٌ مُّصَدِّقٌ لِّسَاناً عَرَبِيّاً لِّيُنذِرَ الَّذِينَ ظَلَمُوا وَبُشْرَى لِلْمُحْسِنِينَ ﴿١٢﴾
e.       فَإنْ حَآجُّوكَ فَقُلْ أَسْلَمْتُ وَجْهِيَ لِلّهِ وَمَنِ اتَّبَعَنِ وَقُل لِّلَّذِينَ أُوْتُواْ الْكِتَابَ وَالأُمِّيِّينَ أَأَسْلَمْتُمْ فَإِنْ أَسْلَمُواْ فَقَدِ اهْتَدَواْ وَّإِن تَوَلَّوْاْ فَإِنَّمَا  عَلَيْكَ الْبَلاَغُ وَاللّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ ﴿٢٠﴾
2.        Ayat Al-Qur’an yang memiliki kandungan komponen manajemen planning (at-Tahthiith) dalam manajemen perspektif Islam adalah….
a.       QS. Al-Baqarah: 204                        c. QS. Ali Imran: 104                          e. QS. Al-Hasyr: 18
b.      QS. At-Tahrim: 6                              d. QS. Ali Imran: 103            
3.        Sedangkan yang memiliki kandungan organizing (At-Tandziim)adalah….
a.       QS. Al-Baqarah: 204                        c. QS. Ali Imran: 104                          e. QS. Al-Hasyr: 18
b.      QS. At-Tahrim: 6                              d. QS. Ali Imran: 103            
4.        Ayat-ayat berikut ini memiliki kandungan kontroling (Ar-Riqaabah), kecuali....
a.       QS. An-Nahl: 125                             c. QS. Ad-Dariyat: 21                         e. QS. Az-Zukhruf: 80
b.      QS. At-Tahrim: 6                              d. QS. Al-Baqarah: 44
5.        Adapun kandungan Actuating terdapat dalam ayat....
a.       QS. An-Nahl: 125                             c. QS. Ad-Dariyat: 21                         e. QS. Az-Zukhruf: 80
b.      QS. At-Tahrim: 6                              d. QS. Al-Baqarah: 44
6.        Lima prinsip manajemen dalam perspektif Islam berikut yang bertujuan untuk membentuk persatuan dan membangun hubungan persaudaraan, adalah....
a.       Mardhatillah                                     c. Asshobru wa ginanul nafsi              e. Siyarah Islamiyah
b.      Muhsinin                                           d. Ittihad wa Assilaturrahmi
7.        Diantara unsur yang harus dimiliki oleh seorang manajer dalam mengelola manajemen ialah berpengetahuan luas, kreatif, dan inspiratif; sebagaimana yang terkadung dalam dua ayat berikut.....
a.       QS. Yasin: 22 dan QS. Al-Maidah: 172                   d. QS. Al-An’am: 164 dan QS. Al-Hujurat: 6
b.      QS. Al-Mujadalah: 11 dan QS. An-Nisa’:58           e. QS. Al-Zariyat: 55 dan QS. As-Sajadah: 24
c.       QS. Al-Haj: 78 dan QS. Al-Isra’ 26-27
8.        Seorang manajer harus mampu memberi peringatan dan petunjuk terhadap staf dan pekerjanya, hal ini sesuai dengan kandungan al-Qur’an...
a.       QS. Yasin: 22 dan QS. Al-Maidah: 172                   d. QS. Al-An’am: 164 dan QS. Al-Hujurat: 6
b.      QS. Al-Mujadalah: 11 dan QS. An-Nisa’:58           e. QS. Al-Zariyat: 55 dan QS. As-Sajadah: 24
c.       QS. Al-Haj: 78 dan QS. Al-Isra’ 26-27
9.        QS. Al-Kahfi ayat 103-104 mengandung pemahaman tentang konsep manajemen yaitu.....
a.       Flexibility                              c. Efektivitas dan Efisiensi                 e. Coperatif Participatif
b.      Akuntable                             d. Transparansi
10.    Unsur manajemen Islam selektif dan responsibelity terdapat dalam kandungan ayat....
a.       QS. Hujurat: 6 dan QS. Al-An’am: 164                   d. QS. Al-An’am: 164 dan QS. Al-Hujurat: 6
b.      QS. Al-Mujadalah: 11 dan QS. An-Nisa’:58           e. QS. Al-Zariyat: 55 dan QS. As-Sajadah: 24
c.       QS. As-Sajadah: 78 dan QS. Al-Isra’ 26-27
11.    Berikut ini merupakan tingkatan manajemen dalam manajemen Islam...
a.       Top management, middle management, first line management
b.      Top less managemen, Noddle line managemen, Line up managemen
c.       Leader management, well management, best management
d.      Financial management, social management, human management
e.       Leadership Management, Entrepreneurship Management, Partnership Management
12.    TQM adalahsuatupendekatandalammenjalankanmanajemenlembagapendidikandengancaramemaksimalkandayasainglembagadan……
a.       Meningkatkanmutulayananpendidikan                      d. Meningkatkannilai social
b.      Meningkatkan HR guru tetap                                                e. Sumbenagan BP3
13.    Berikutini yang termasukdariketerampilandasardalamketerampilanmanajerialadalah….
a.       Conception Skill, Quality Skill, and Manajemen Skill
b.      Humanity Skill, Vocational Skill, and free work Skill
c.       Technical Skill, Sociality Skill, and Quality Skill
d.      Standart  Skill, Social Skill, and Technical Skill
e.       Conception Skill, Humanity Skill, and Technical Skill
14.    Kemampuankomunikasi yang persuasive kepadaatasan, karyawandantemankerjasejawatmerupakanimplmentasidari ….
a.       Conception Skill                                c. Technical Skill                     e. Quality Skill
b.      Humanity Skill                                  d. Vocational Skill
15.    Pernyataan yang benar dibawah ini berdasarkan komunikasi dan keterampilan dasar manajerial adalah...
a.       Top Management banyakbekerjasedikitmengonsep
b.      First Line Management lebihbanyakbekerjadanmengonsep
c.       Middle Management lebihbanyakmengonsepdanlebihsedikitbekerja
d.      Porsikomunikasidaritigatingkatanmanajemen di atastidaksama
e.       Top Management banyakmengonsepdansedikitbekerja
16.    Ada 14 rumusanprinsipTQM, empatdiantarannyaberikutini,kecuali…
a.       Milikitekad yang kuatdanterusmenerusuntukmemperbaikimutuprodukdanjasa;
b.              Lembagakankepemimpinan yang membantusetiap orang untukdapatmelakukanpekerjaannyadenganbaik;
c.       Hilangkansegala yang menghambatkomunikasiantarbagiandanantarkelompokdalamorganisasi;
d.      Singkirkanpenghalang yang merrebuthakpimpinandanpelaksanauntukbanggaatashasilkerjanya;
e.       Ciptakanstruktur yang memungkinsemua orang bisaikutsertadlmusahamemperbaikimutuorganisasisekolah
17.    Bagilembagapendidikan, adaptasiTQMdapatdikatakansukses, jikamenunjukkangejala-gejalasebagaiberikut: 1) Tingkat konsistensiprodukdalammemberikanpelayananterusmeningkat; 2) Kekeliruandalambekerjasemakinberkurang; 3) Disiplinwaktudandisiplinkerjasemakinmeningkat; 4) Inventarisasiasetorganisasisemakinterkendali 5) Pemborosandanadanwaktudalambekerjadapatdicegah; 6) Peningkatanketrampilanbekerjaterusdilaksanakan.
a.       HadiriNawawi                      c. Ki HajarDewantara                         e. Ramayulis
b.      MalayuHasibuan                   d. Zaudjak Ahmad
18.    Ada lima jenisketerampilan yang harusdimilikiolehseorangkepala madrasah, diantaranyasebagaiberikut, kecuali……
a.       Cultural flexibility                                         d. Creadibility
b.      Self-management of learning                        e. Human resources development
c.       Communicational Skill
19.    Karakteristik manajemen syari’ah sebagaimana berikut, kecuali…..
a.       Unity                                     c. Free will                              d. To finance
b.      Equilibrum                            e. Responsibility
20.    Proses memilihsuatupemecahanmasalahdaribeberapaalternatif yang tersedia, disebut…..
a.       Human Research Development (ManajemenSumberDayaManusia)                       
b.      Managerial Skill (KeterempilanManajerial)
c.       Management Development (PengembanganManajemen)                
d.      Decision Making (PengambilanKeputusan)
e.       Total Quality Management (ManajemenMutuTerpadu)
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==