CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA PAI

BACALAH CONTOH ABSTRAK PENELITIAN BERIKUT!
ABSTRAK
PeningkatanHasilBelajarJenis Benda danSifatnyapadaMatapelajaran IPA MelaluiPenggunaanMetodeEksperimenSiswaKelas V SDN Kangenan II Pamekasan. Malang: SKGJ-PGSD-FKIP UMM
Pencapaiantujuanpembelajarankhususpadamatapelajaran IPA di kelas V SDN KangenanII Pamekasanmasihbanyakmengalamikesulitan. Hal initerlihatdarimasihrendahnyanilaimatapelajaran IPA dibandingkandengannilaibeberapamatapelajaranlainnya. Ketuntasanbelajarsiswahanyamencapai 50 % dari 30 siswapadapembelajarankompetensidasarsebelumnya. Hal iniberartibahwa 15 orang siswamasihmemilikinilaikurangdari 65. Faktorpenyebabnyaadalahpenggunaanmetodepembelajaran yang tidaktepat.Olehsebabitupenggunaanmetodeeksperimendimungkinkantepatuntukmembantusiswadalammemahamikonsep-konsep IPA.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarjenisbendadansifatnyamelaluipenggunaanmetodeeksperimensiswakelasV SDN Kangenan II Pamekasan.
Penelitian iniadalahpenelitiantindakankelas yang dilakukan dalam dua siklus. Kegiatan pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Sedangkan objek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan lokasi di SDN Kangenan II Pamekasan.
Hasilpenelitianiniadalahsebagaiberikut. Pertama, penggunaanmetodeeksperimendilakukandenganlangkah-langkah(1) secaraberkelompoksiswamelakukaneksperimenterhadapjenisbendadansifatnya, (2) setiapkelompokmelaporkanlaporanhasileksperimen, (3) berdiskusitentanglaporanhasileksperimen, (4) menyimpulkanmateriHasilpenelitianiniadalahsebagaiberikut: Kedua, aktivitasguru  dalam proses pembelajaranterjadikenaikan. Hasilpengamatantemansejawatterhadapaktivitaspembelajaran yang dilakukan guru menunjukkanhasilbaik(3)  padasiklus I, sedangkanpadasiklusII mengalamikenaikanmenjadi 3,5 yang berartiamatbaik. Hal initerjadisetelahdilakukanperbaikanorientasikegiataneksperimen yang lebihmengaktifkansiswa.Ketiga, hasil belajarIPA  siswa juga  terjadi kenaikan yang signifikan. Siswa yang tuntas belajar  pada pembelajaran siklus I hanya mencapai 63 %, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa  mencapai 90 % dengan kriteria ketuntasan minimal 65.
Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa penggunaanmetodeeksperimendapat meningkatkan hasil belajar Jenisbendadansifatnyasiswa kelas V SDN Kangenan  II  Pamekasan.

Kata kunci : hasil belajar, metodeeksperimen, dan jenisbendadansifatnya

Jawablahpertanyaanberikutini!

  1. Masalahapa yang dibahasdalammakalahhasilpenelitiantersebut?
  2. Apakah yang melatarbelakangimasalahtersebut?
  3. Apakahtujuanpenelitiantersebut?
  4. Apakahjenispenelitiantersebut?
  5. Jelaskaninstrumen yang digunakansebagaialatpengumpul data!
  6. Jelaskanlangkah-langkah yang dilakukanpenelitiuntukmemperolehhasilpenelitiannya
  7. Siapasasaranpenelitiantersebut?
  8. Bagaimanahasilpenelitian yang diperolehdalammakalahterswebut?
  9. Apakesimpulan yang diambildarihasilpenelitianitu?
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==