PIDATO HALAL BIHALAL DI SEKOLAH ATAU DI PONDOK PESANTREN

السلا م عليكم ورحمة الله وبركا ته
بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على محمد ابن عبد الله وعلى أله وصحبه ومن وله ولا حول ولا قواة إلا بالله أما بعد:


Yang kami hormati serta ta’dzimi pengasuh pondok pesantren .............................., 

Dewan A’wan pondok pesantren .........................................
serta seluruh keluargan besar pondok pesantren ...............
 Tak lupa pula segenap jajaran pengurus, dewan ma’hadiyah, dewan taudifiyah, dewan madrosyiyah, dewan amnil’am pondok pesantren mambaul ulum bata-bata yang juga kami thoati serta kami tak dzimi. Dan juga yang kami hormati serta kami tak dzimi kepala sekolah madrasah ........................... Dan seluruh stafnya yang mana kami tidak mampu menyebutnya satu persatu darimereka

Bapak bapak , ibu ibu serta saudara –saudara seiman dan seagama yang kami hormati.
 

Pertama-tama pada kesempatan ini marilah kita panjatkan puji syukur  kehadirat allah SWT. Karena pada siang/malam ini kita masih diberi kesempatan hidup oleh allah dipermukaan bumi ini, sehingga pada siang/malam ini  kita dapat berkumpul dengan saudara-saudara kita seiman dan seagama di siang/malam ini.
Selanjutnya sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi kita mohammad SAW. Karena beliaulah  yang menyebar luaskan ajaran-ajaran islam ditengah-tengah umatnya, sehingga kita dapat mengetahui mana barang yang hak dan mana barang yang bathil.



Baca Juga Teks-pidato-bahasa-arab-Membaca-adalah.Jendela Dunia
Baca Juga teks-pidato-bahasa-madura
Baca Juga Pidato Tiga Bahasa
Baca Juga teks-pidato-bahasa-arab-mencari-ilmu

  
Hadirin sekalian yang berbahagia!
Selama satu bulan penuh kita telah menjalani ibadah puasa romadan selama satui bulan romadlon itu kita diwajibkan oleh allah mengerjakan ibadah puasa, dan selama satu bulan itu kita diuji keimanan dan ketaqwaan. Adapun mengenai berhasil atau tidaknya ujian yang kita terima selama satu bulan penuh dalam romadlon itu, dapat dilihat implikasinya pada bulan-bulan berikuknya, misalnya pada bulan sawal ini. Sebagai contoh ringan saja, kalau selama dalam bulan romadlon itu kita gemar membaca al-qur an, kemudian dibulan lain (bulan sawal misalnya kita gemar membaca al-qur an hal itu bertanda puasa kita itu telah membekas dalam hati kita. Begitu juga masih gemar mengajarkannya, hal itu juga sebagai pertanda puasa kita membekas dan berpengaruh dalam kehidupan kita ini, sebaliknya amalan-amalan kita dibulan selain bulan romadlon itu menurun bila di bendingkan denga bulan romadlon, berarti puasa romadlon kita itu tidak membawa pengaruh dan tidak membekas dalam hati kita.)
 

Hadirin sekalian yang berbahagia!
Dan kini tel;ah memasuki bulan sawal, berarti kita semua telah menjadi manusia yang suci bebas dari dosa, tentunya hal yang demikian itu diperuntukkan bagi orang-orang yang mempergunakan bulan romadlon itu dengan sebaik-baiknya, misalnya mengerjakan puasa sebulan penuh berikut menjaga hal-hal yang membatalkan puasa, memperbanyak amalan-amalan kebaikan yang diridhoi oleh allah SWT. Ibarat kita sekarang ini seperti bayi yang baru dilahirkan dari kandungan sang ibu, yang bersih, suci, tidak membawa dosa apapun.
Disamping hubungan kita dengan tuhan itu bersih dan suci dari dosa-dosa apapun sebagai buah dari puasa romadlon kita itu, maka tehadap sesami manusiapun/ sesami saudara seiman dan seagama hendaknya kita jalin        hubungan yang baik.  حَبْلٌ مِنَ اللهِ وَحَبْلٌ مِنَ النَّاس hubungan dengan allah itu baik dan hubungan denngan sesame manusia.


Hadirin sekalian yang berbahagia!Sebagai upaya perujudan hubungan antara sesame manusia itu baik, dalam arti seluas-luasnya, tidak ada rasa dendam,tidak ada saling curiga menjcurigai, saling maaf memaafkan. Maka pada siang/ mala mini kita mengasakan acara HALA BIHALAL, dengan tujuan pokok kita memupuk hubungan silaturrohmih, memperkuat ukhwah islamiyah yang diwarnai dengan saling maafd memaafkan, saling asih asuh. Acara hala bihalal yang kita adaka ini tidak lah dilarang oleh agama, dengan catatan didalamnya tidak diwarnai dengan berbagai macam kemaksiatan.

Hadirin sekalian yang berbahagia!Banyaksekali manfaat yang kita petik dari acara halal bihalal ini diantaranya yang amat penting bagi kita ialah tercapainya ukhuwwah islamiyah, tergalangnya persatuan dan kesatuan umat, dan disirnalah segala macam dendam dan sakit hati sesame manusia, bila keduanya saling melupakan hal-hal yang terjai pada masa lampau, lalu diirngi dengan berjabatan tangan sebagai pertanda keikhlasan hari dalam memaafkan atas kesalahan-kesalahannya.
Dalam hal ini Rosulullah SAW. Pernah bersabda:
تَصَا فَحُوْا يُذْ هِبِ الْغِلَّ عَنْ قُلُوْبِكُمْ
Artiny:Hendaknya engkau suka berjabatan tangan, karena berjabatan tangan itu dapat menghilangkan tipu daya (unik-unik jiwa) dalam hati. HR. BAIHAQI
Dan Dalam hadis yang lain Rosulullah SAW. menegaskan
مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَتَفَرَّقَا
Artinya:”dua orang islam yang bertemu satu sama lain, kemudian mau saling berjabatan tangan antara keduanya, maka kedua orang itu akan di ampuni oleh Allah AWT . (begitu cepat datangnya ampunan itu) sebelum mereka berpisah sama yang lain” HR. ABU DAUD, TIRMIDZI DAN IBNU MAJAH.
BERANGKAT DARI KETERANGAN-KETERANGAN DIATAS maka acara halal bihalal yang kita adakan ini adalah merupakan sarana yag paling tepat dan paling efisien untuk menggalang persatuan dan kesatuan umat, sebagai sarana untuk memupuk hubungan silaturrohmi, mendekatkan saudara-saudara kita asalkn berjauhan tempat kediamannya atau berjauhan karena akibat persengketaan yang telah diperbuatnya. Mudah-mudahan acara hala bihalal yang kita adakan ini benar-benar mendapat ridlo dari Allah SWT.
Dan sebelum pembicaraan ini kami akhiri, maka terimalah salam kami, atau ucapan selamat ………. SELAMAT BERHARI RAYA IDUL FITRIH 1433  H. MINAL ‘AA IDZIN WAL FAA IDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.
Terima kasih atas segala perhatiannya, dan mohon maaf atas segala kekurangannya.

أوصيكم وإياي بتقوالله وبالله التوفيق والهدية والسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته