PENDAFTARAN WNI ONLINE WNA, AKAN MENGANCAM HABITAT PEKERJA DALAM NEGERI



Dikuti dari Posmetro, Ternyata langkah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) terkait rencana peluncuran aplikasi pengajuan Kewarganegaraan Indonesia secara online, membuat Pemerintah Provinsi Jawa Barat khawatir, khususnya bidang pekerjaan.
“Kalau ada kemudahan jadi WNI, saya khawatirnya untuk tenaga kelas bebas (non profesional). Kelompok masyarakat yang punya pengetahuan terbatas, pendidikan terbatas itu bisa habis,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Ferry Sofyan Arief, di Gedung Sate, Bandung, Kamis (15/12).
Terlebih, lanjut Ferry, Jawa Barat dengan jumlah penduduk yang besar, angkatan kerjanya pun cukup tinggi, mencapai 21juta orang. Angkatan kerja ini adalah penduduk berusia 15 tahun ke atas yang tidak sekolah, di luar ibu rumahtangga.
“Artinya orang-orang yang bekerja dan sedang mencari kerja atau juga nganggur. Sedangkan penduduk yang sudah bekerja hanya sekitar 18juta jiwa, dan penganggur sekitar 1,9juta jiwa. Yang kerja aja bisa terpeleset, apalagi yang nganggur,” papar Ferry.
Sedangkan, tegas dia, jika dibuka kesempatan menjadi WNI secara mudah, apalagi tanpa seleksi yang ketat dan kekhususan, maka kesempatan kerja bagi angkatan kerja tersebut jelas akan terancam. Pihaknya tidak mengkhawatirkan penerimaan kewarganegaraan Indonesia dengan kehususan seperti naturalisasi di bidang olahraga, kelompok profesional, atau peneliti untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan.
 
“Kalau kita terlalu membuka level rendah dan menangah itu akan menjadi pesaing pekerja Indonesia, Jawa Barat khususnya,”
Maka, tegas dia, dengan dibukanya keran kesempatan menjadi WNI secara mudah, terlebih dengan fasilitasi pendaftaran secara online, maka bisa kontraprduktif dengan upaya pemerintah dalam memecahkan masalah ketenagakerjaan selama ini di tanah air.
“Kecuali ada persyaratan khusus menurut saya, itu tidak akan terlalu mengancam kesempatan kerja khususnya bagi kelompok non profesional,” katanya.
Seperti diberitakan Aktual.Com, kebijakan Kemenkum HAM meluncurkan aplikasi pengajuan kewarganegaraan secara online dilakukan untuk memudahkan siapapun yang ingin mendapatkan status Kewarganegaraan Indonesia termasuk di luar negeri. Dalam aplikasi online tersebut akan disampaikan pula persyaratan menjadi Warga Negara Indonesia dan ujian online untuk memastikan pemohon memahami Indonesia

Source: http://www.postmetro.co/2016/12/kebijakan-pendaftaran-jadi-wni-via.html?m=1