MUI; Umat Islam dihimbau untuk tidak mengikuti perayaan Natal, apalagi menjaga gereja


Terkait perayaan Natal setiap tanggal 25 Desember, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan beberapa himbauan.

Di antara yang disampaikan KH. Ma’ruf Amin selaku Ketua Umum MUI Pusat, yakni umat Islam dihimbau untuk tidak mengikuti perayaan Natal, mensukseskan acara Natal apalagi menjaga gereja.
Ia menambahkan bahwa menjaga gereja bukan tugas kaum muslimin, tetapi tugas aparat keamanan.
“Tidak perlulah ormas Islam itu menjaga gereja, serahkan saja kepada pihak kepolisian. Itu untuk menghindari pemahaman-pemahaman yang tidak sejalan. Kita harapkan polisi lah yang menjaga gereja-gereja itu,” ujarnya sesaat usai menjadi pemateri dalam acara kajian bulanan DPP Muhammadiyah di Aula Kantor Muhammadiyah Pusat Jl. Menteng Raya, Jakarta Pusat, Jum’at (09/12).
Menurutnya, keberadaan ormas Islam yang terlibat menjaga gereja tidak terlalu dibutuhkan. “Kita harapkan polisi mengambil peran lah menjaga gereja-gereja itu, kalau polisi sudah siap ya tidak perlu ormas-ormas itu jaga gereja,” imbuhnya.
Kajian bulanan kali ini mengangkat tema “Berislam dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika”. Dengan pemateri Ketua Umum MUI KH. Ma’ruf Amin, Menteri Agama Drs. H. Lukman hakim Saifuddin, dan Ketua PP Muhammadiyah Drs. H. Hajriyanto Y. Thohari, MA