MEMAKNAI AKSI 2+1+2 DALAM ARTI PANCASILA DAN SILA KE LIMA

Ditulis Oleh KH. Musleh Adnan
Kiai Kondang Pamekasan

Hari ini jum'at tanggal 2 bulan 12 : 212 akan ada aksi super damai dgn ibadah dan gelar sajadah di monas dan persiapanpun sdh di selesai dengan 40 mobil toilet dengan masing-masing mobil terdapat empat pintu. Total ada 160 toilet dan akan ditempatkan di setiap sisi Silang Monas, berdekatan dengan tempat wudhu.
Anggi selaku penanggung jawab mengatakan nantinya panitia juga menyediakan 12 mobil untuk berwudhu dan akan ditempatkan di empat titik yang berada di setiap sisi Silang Monas, masing-masing aliran 50 kran dengan menggunakan torrent.
Tapi seperrtinya angka 212 kalau di jumlah menjadi 5, angka lima merupakan salah satu sila pancasila mengandung makna setiap manusia Indonesia menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Untuk itu dikembangkan perbuatannya luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong. Untuk itu diperlukan sikap adil terhadap sesama, menjaga kesinambungan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain.
Nilai yang terkandung dalam sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia didasari dan dijiwai oleh sila Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab , Persatuan Indonesia, serta Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan atau Perwakilan. Dalam sila ke – 5 tersebut terkandung nilai- nilai yang merupakan tujuan Negara sebagai tujuan dalam hidup bersama. Maka dalam sila ke – 5 tersebut terkandung nilai keadilan yang harus terwujud dalam kehidupan bersama ( kehidupan sosial). Keadilan tersebut didasari dan dijiwai oleh hakikat keadilan manusia yaitu keadilan dalam hubungan manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan manusia lain , manusia dengan masyarakat, bangsa dan negaranya serta hubungan manusia dengan Tuhannya.
Semoga saudara/i kami yg berada di jakarta menggelar aksk damai mendapatkan "Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia".
Ya Allah aku titipkan jiwa, harta, keluarga para pejuang di jakarta kepada Mu jadikanlah mereka dalam perlindungan Mu dari mara bahaya