Keluarga Para Pemain Timnas Garuda Diterbangkan Gratis ke Thailand

Jakarta - Para penggawa timnas Indonesia akan mendapatkan dukungan penuh dari keluarganya di final AFF Suzuki Cup. Mereka diterbangkan langsung ke Bangkok, Thailand.

Adalah ketum PSSI, Edy Rahmayadi, yang memberangkatkan sebanyak lebih dari 60 sanak keluarga dari pemain timnas untuk menyaksikan langsung laga Indonesia melawan Thailand di stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016).

Keluarga pemain timnas itu akan diterbangkan menggunakan pesawat Boeing milik TNI AU. Mereka akan terbang Sabtu pagi melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan mendarat di Pangkalan TNI AU, Bangkok, Thailand.

Dari daftar manifest penumpang yang diterima oleh wartawan di Bangkok, sedikitnya tercatat 63 perwakilan keluarga dari timnas. Sisanya ada keluarga Pimpinan Kostrad yang juga kini menjabat Ketua Umum PSSI, Keluarga Marinir, Puspom, Kostrad dan staff Waketum PSSI.

Para keluarga yang diterbangkan oleh PSSI, semuanya ditanggung oleh pihak PSSI mulai dari biaya taksi hingga pengurusan Pasport.

Wakil ketua umum PSSI, Iwan Budianto, mengungkapkan kalau memberangkatkan keluarga pemain ke Thailand sejatinya merupakan kejutan, namun gagal. Usaha untuk mengumpulkan keluarga pemain pun sudah dilakukan sejak pagi.

"Itu istimewanya Pak Edy. Dari pagi, kami mengerahkan seluruh pasukan untuk mencari nomor kontak keluarga pemain. Hasilnya, ada 33 orang mengonfirmasi sampai setelah Shalat Jumat," kata Iwan dalam perbincangan dengan pewarta di stadion Rajamangala, Jumat (16/12).

"Mereka akan berangkat dengan pesawat carteran besok pagi. Semua dibawa ke Jakarta hari ini."

"Awalnya, kami tidak memberi tahu pemain. Namun, seiring berjalannya waktu, satu persatu pemain akhirnya mengetahui rencana ini," imbuhnya.

Wakil ketum I PSSI, Joko Driyono, mengungkapkan dukungan negara agar keluarga pemain bisa memberikan dukungan langsung ke Bangkok.

"Hebatnya lagi, keluarga yang tidak memiliki paspor dibuatkan dalam 20 menit saja. Negara coba mendukung secara maksimal," ungkapnya.