TEKS PILDACIL TENTANG KEISTIMIWAAN ILMU


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله الذي علّم الإنسان وعلّمه البيان, والصلاة والسلام علم من قال بفضله وكرمته . اطلب العلم ولو بالصين وعلى اله وصحبه اجمعين اما بعد .
Yang terhormat para ulama` Wabil khusus kepala madrasah MI ……….dan dewan juri serta para hadirin, rekan – rekanku yang senasib dan seperjuangan  dan bapak- bapak ibu – ibu kehususnya pendukung saya yang saaangat kami mulyakan.
Bagaimana kabarnya , lagi baik……..  ? Alhamdulilah .
Marilah puji syukur kita haturkan kepada Allah, dan limpahan rahmatnya semoga tercurah limpahkan kepada junjunga Nabi besar kita, Muhammad Saw. 
Hadirin yang berbahagia! Pada kesempatan kali ini kami akan membicarakan sedikit tentang keistimiwaan Ilmu dalam kiprahnya, Tekhnologi Lebih–lebih ilmu Agama yang keduanya sangat penting dan memiliki peranan Umum untuk menjadikan kesuksekan kehidupan dan kejayaan Islam di perseda bumi ini. Sebab mengapa……………. ? perlu diingat Allah sebagai Qodi Rabbil Jalil, tidak pernah memberikan prioritas Islam akan kekal hinga pada Hari kiamat nanti. Bahkan disisi lain Al-qur`an yang diturunkan Empat  belas abat yang silam tidak pernah memnjamin akan keabaikan Islam yang kita impi – impikan. Namun kejayaaan Islam, keabadian Islam yang kita harapakan, tergantung pada peran Aktif umat Islam dalam menjaga dan melastariakn Ilmu Agama.
Pantas sekali kalau Rasul bersabda:        العلم حياة الأسلام وعماد الإيمان
Ilmu adalah tiang agama pokok kehidupaan islam dan tega`nya Iman
Nah…! sekarang kita tahu , Bahwa Iman dan Islam merupakan dua hal penting yang dianugrahkan  Allah buat kita bersama.
Hadirin yang berbahagia! Yang keabadian keduanya, Iman dan Islam bisa kita rasakan, dan kita teguk selamanya, jlka eksistensi ilmu kita lestarikan keabadianya.
Dari uraian yang kami sampaikan, di akhir perjumpaan kita malam ini dapat diambil kesimpulan, bahwa ilmu memiliki peran penting di segala aspek kehidupan, lebih  - lebih imu Agama untuk mewujudkan  kejayaan dan kehidupan Islam di masa yang akan datang.
Sebagaimana pantun berkut ini bilang :
Punya ikan dimakan kucing # yang tersisa cuman tulangnya
Kalau agama tidak ingin seperti cacing # maka ilmu adalah kuncinya
Demikian yang dapat kami sampaikan, terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekuranganya.
والله الموفق الى اقوم الطريق