TEKS PILDACIL TENTANG ARTI TAWAKAL YANG SEBENARYA


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله الذي علّم الإنسان وعلّمه البيان,  والصلاة والسلام على سينا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين امابعد .
Yang terhormat para Ulama` Wabil khusus kepala Madrasah MI ………. Yang Saya mulyakan.
Yang terhormat : Para dewan juri serta para hadirin rekan – rekanku yang senasip  dan seperjuangan, bapak–bapak, ibu–ibu kehususnya pendukung saya yang sangat saya sayangi. 
Bagaimana kabarnya, lagi baik …….. ? Alhamdulilah .rupanya masih banyak yang
mendukung saya .
Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.
Islam marupakan Agama yang menganjurakan supanya pemeluknya itu selalu bekerja, berjuang dan berusaha demi untuk kelangsungan hidupnaya. Selain itu Islam juga tidak pernah maegajarkan pada pemeluknya untuk selalu melas – melasan. Maskipun dalam pegerjaan dan berusaha juga harus dibarengi dengan menjalakan apa–apa yang menjadi perintah-Nya (mengerjakan sholat, puasa dan lain- lainya). Karena didalam   berusaha dan bekerja itu  harus didasari dengan keridhonaya Allah, Agar hasilnya itu bermemfaat dan halal untuk dimemfaatakan.
Kemudian Islam juga mengajarkan kepada kita, Umat Islam untuk selalu jujur, adil dan bertangung jawab sebagaimana ada dalam perinsip - perinsip Islam.
Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.
Pada zaman Rasulullah SAW dulu, beliau juga terkenal sebagi orang yang giat dan rajin bergerja, Beliau tidak pernah mengenal lelah dan putusasa dalam bekerja demi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Nah,Untuk itu kita sebagai Umat Rasulullah, maka sudah menjadi kewajiban untuk mengikuti jejak beliau dan mencontoh sikap beliau dalam berusaha, begerja dan berjuang
Selain begerja yang giat, tanggung jawab dan jujur harus dibarengi dangan Tawakkal. karena segala sesuatu itu harus dilaksankan dengan giat dan penuh ketakwaan kepada Allah. Sebagai mana Allah berpirman dalam surah At – Thalaq ayat: 3 yang berbunyi sebagai berikut:
ومن يتوكل على الله فهو حسبه.
Artinya: “ Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah  akan mencukupi( keperluanya ) ”.
Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati
Demikian yang dapat kami sampaikan semuga bisa membawa memfaat dan muhon maaf bila ada kesalahan. 
 Bila ada sumur di lading boleh kita menumpang mandi, bila umurku panjang pasti kita berjumpa lagi