TEKS PILDACIL TENTANG ANJURAN BERBAKTI KEPADA ORANG TUA


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على امور الدنيا والدين . والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين اما بعد
Yang terhormat para Ulama`, Asatid, tak lupa pula tokoh masyarakat dan para pejabat pemarintah yang kami taati
Yang terhormat: Para dewan juri serta para hadirin, rekan- rekanku yang senasip dan seperjuangan dan tak lupa pula bapak-bapak ibu- ibu khususnya pendukung saya mana tepuk tanganya………! !

Hadirin rahima kumullah ! kita sabagai Mahluk Allah yang paling sampurna, sudah menjadi kewajiban setiap manusi untuk menjalankan semua perintahnya dan menjahui semua laranganya . selaian itu kita harus bersukur kepada Allah ta`ala atas nikmat yng diberikan kepada kita.sebab bila kita mensyukuri nikmat Allah. Maka dia akan menamabah kenikmatanya kepada kita.begitu sebaliknya apabila kita tidak mau bersyukur, maka kita akan menerima azabnya yang sangat pedih. Kemudian Islam juga mengajarakan kepada kita untuk menyayangi dan mengasihi serta menghormati sesama manusia tanpa mamandang bulu. Bahkan binatangpun tidak boleh disakitinya, agar bisa tejalin kerukunan dan kedamayan hidup antar satu dengan yang lainyan.

Hadirin Rahima Kumullah! Namun kenyantaanya sekarang ini banyak kita jumpai gerenasi muda yang sudah tidak lagi menghormati Sesama saudaranya, terutama kepada Orang tua. Mereka tidak mau menghormati, menyayangi dan mengasihi lagi. Apa lagi bila orang tua itu tidak memiliki harta, kekayaan yang banyak, maka anaknya tidak lagi hormat dan bahkan menyia –nyiaka serta membagkang apa yang telah diperintahnya. ( نعوذ بالله من ذلك ثم نعوذ بالله من ذلك )  Mereka merasa bahwa dia sudah bisa mencari uang sendiri, membeli pakian dengan hasil sendiri dan bisa membeli seuatu yang la inginkan dengan hasil keringan sendiri . Barang kali dia sudah lupa bahwa orang tuanyalah yang telah melahirkan kedunia dengan taruhan nyawa, menyusuinya, menyuapinya, melindungi dari panas dingin dan mengasihinya dengan penuh kasih sayang. Oleh karena itu kita wajib membalasinya dan menyadari hal itu dengan cara menyayanginya, menghormatinya, dan menyenangkan hatinya, mematuhinya,serta merawatnya, dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.
Sebagai mana firman Allah dalam surat AI- isra` ayat 23 yang berbunyi:

وقضى ربك الأّ تعبدوا  الا اياه وبا الوالدين احسانا . الايه
Artinya: Tuhanmu telah memerintahkan, agar supaya kamu jangan menyembah kepada selain Allah, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua.”.
Hadirin rahima kumullah ! Itulah perintah Allah yang ditunjukan kepada manusia agar mereka tidak menyekutukan –Nya dan juga agar senantiasa menghormati kedua orang tuanya.
Hadirin yang dimulyakan Allah!  Kiranya cukup pertemuan kali ini semuga bermanfaat bagi kita semua khususnya saya peribadi sendiri. Amin Ya Rabbal  Alamin.

اهدنا الصراط المستقيم صراط الأبياء والمرسلين
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==