TEKS PILDACIL TENTANG AL- QUR`AN



السلام عليكم ورحمة وبركاته
بسم ابسم بسم الله الرحم الرحيم . الحمد لله الذي انزل القرآن , والصلاة والسلام على نور الأكوان, سيدنا محمد الداعي الى الرحمان, واله وصحبه ذوالعلم والعرفان, اما بعد .
Pada           Pada kesempatan ini, Saya  akan bercaramah tentang Al-qur`an, barangkat dari firman Allah yang berbunyi:
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم, بسم الله الرحمن الرحيم, ثم اورثنا الكتاب الذين اصطفينا من عبادنا , فمنهم ظالم لنفسه, ومنهم مقتصد, ومنهم سابق بالخيرات بإذن الله, ذلك هو الفضل الكبير. ( الفاطر: 32)
Artinya: Kemudian kami wariskan kitab itu kepada orang–orang yang kami pilih di antara hamba–hamba kami, lalu diantara mereka ada yang menginiya diri mereka sendiri, dan diantara mereka ada yang setenganh-tengah, dan diantara mereka ada yang  berlomba- lomba dalam berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.( Al-fatir:32)
Hadirin yang dimulyakan Allah .Al-Qur~an merupakan kitab pilihan, diwhayukan kepada Nabi pilihan dan diberikan kepada umat pilihan.dalam menerima ajaran Al-qura‘n, sikap umat dibagi menjadi tiga kolompok:
Kolompok Yang pertama: فمنهم ظالم لنفسه, yaitu orang–orang yang ketika menerima Al-qur`an, ia dzolim pada dirinya sendiri, tidak mengamalkan bahkan menjadikan sebagai alat mendapatkan harta, tahta dan wanita, sehinga yang ia dapatkan bukan pahala, akan tetapi murka Allah subhanahu wata`ala, Karena Al- qur‘an yang semastinya dibaca, difahami dan diamalkan justru diselewengkan tidak sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah. Betapa banyak orang yang bisa baca Al-qu`an bahkan memahaminya , tetapi masih mencuri, tidak jujur dalam berdangang, suka mencacimaki orang tua bahkan korupsi, betul………..!
Hadirin yang dimulyakan Allah! Kelompok yang kedua : ومنهم مقتصد yaitu ketika orang–orang yang ketika menerima Al-qur`an hanya mengamalkannya pada sebagia waktu saja, jika sesuai deangan keinginan dan hawa nafsunya, maka ia amalkan, akantetapi jika tidak sesuai maka ia tingalkan Al-qur`an dan tidak memperhatiakan ajaranya, begitu kan…………….؟ sikap kolompok ini  bisa di istilahkan denagan “fifty- fifty” kata orang beratanya sih…. begitu ! atau dalam bahasa kita, setengah– setenganh dalam mengamalkan ajaran Al-qur`an. Sehinga yang terjadi, ajaranAl-qur`an diatur oleh manusia sesuai dengan akalnya bukan Al-qur`an mengatru  manusia, semuga hal ini tidak menimpa kita. Amin ya Rabbal Alamin.
Hadirin yang dimulyakan Allah! Kelompok yang ketiga :  ومنهم سابق بالخيرات بإذن الله  inilah kelompok yang menjadi idaman kita, siapah mereka ? mau tau apa tidak ? mereka adalah orang–orang yang ketiaka menerima Al- qur`an, maka bersegera dan berlomba – lomba mengamalkan, sesuai tuntunan ajaranya. Al- qur`an dijadikan imam sebagai penunjuk jalan hidup baik didunia maupun diakhirat, maka sangat berbhagialah orang yang masuk dalam golongan ini,karean mareka telah dapat taufik dan inayahnya. Amin Ya Rabbal Alamin.
Demikian yang dapat kami sampaiakan, terima kasih atsa segala perhatian dan mohon maaf atas segala kkuranganya.

والله الموفق الى اقوم الطريق
ثم السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==