TEKS PILDACIL TENTANG ADIL



السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله رب العالمين ,  والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين . اما بعد .
Yang terhormat para Ulama`, Asatid, tak lupa pula tokoh masyarakat dan para Pejabat pemarintah yang kami taati.
Yang terhormat: Para dewan juri serta para hadirin rekan- rekanku yang senasip dan seperjuangan, tak lupa pula bapak-bapak ibu- ibu khususnya pendukung saya, mana tepuk tanganya…….!. Alhamdulilah masih banyak yang mendukung saya.
Marilah puji syukur kita haturkan kepada Allah dan limpahan Rahmatnya semuga tercurah limpahkan kepada Nibi kita yang mana dengan adanya beliau kita bisa membedakan mana yang haq dan yang batil.
Hadirin yang dimulyakan Allah ! Pada pertemuan kali ini kami akan membahas tentang keadilan. Islam adalah agama yang paling adil, Oleh karena itu Allah bersabda:

واذا حكمتم بين الناس ان تحكموا بالعدل. الايه .
Arinya:
“ dan apabila menetapkan Sesuatu hukum di antra manusia supaya kalian menetapkan dengan adil”.
Hadirin yang dimulyakan Allah ! Sudah jelas dari ayat barusan, bahwa Allah memerintahkan  kepada kita untuk Adil dalam menetapkan sesuatu hukum.
Realitanya hukum yag ada di Indonesia saat ini, sangat tidak sesuai dengan ayat tersebut, buktinya para pejabat – pejabat yang doyan KKN.mereka tertawa dan bebas berkeliaran. Sementara wong cilik yang kesalahannya hanya sepele, gara- gara mencuri ayam tetangga sebelah, hukumannya 5 tahun, inikah yang di namakan adil ? waduh…. Kalau begini keadaanya, yang kaya makin kaya, sementara yag miskin makin miskin. Subhanallah !
Hadirin yang dimulyakan Allah ! Mungkin bapak – bapak dan ibu – ibu mau tahu apa yang dinamakan Adil……!! ? Adil. Adalah memutuskan sesuatu hukum yang sesuai dangan hukum–hukum  Islam.  Islam takpilih kasih akan tetapi mempunyai sifat toleransi. Oleh karena itu Nabi pernah bersabda  ," لو أن فاطمة سرقت لقطعت يدها "   seandaiya Fatimah anakku mencuri akan ku potong taganya.  Kira – kira kalau bapak dan ibu mempunyi anak melakukan pencurian mau tah tangan anaknya di potong ? mau pa ga ? yang jelas bapak da ibu tidak mau, padahal itu kewajiban hokum islam yang kita harus kerjakan.
Demikianlah kisah tentang sejarah keadilan yang bisa kami sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.
Batu kerikil enak di pandang # bapak Halim di teriyaki maling
Orang adil hidupnya Akan tenang # dholim hidupnya terpontang – panting.

اهدنا الصراط المستقيم صراط الأنبياء والمرسلين